Ensiklopedi Bocah Muslim, Pilihan Bunda Ratih Untuk Aya



Dear Bunda,

Suatu hari nanti, cepat atau lambat, Anda akan mendengar pertanyaan semacam “dari mana adik bayi berasal?” dari si kecil. Pertanyaan klasik ini hampir selalu jadi ‘momok’ yang mengerikan buat para orangtua. Memikirkan jawabannya saja bisa membuat kita nervous. Tapi tidak begitu dengan Ratih Wulansari, anaknya, Aya, yang berusia 3 tahun 9 bulan, bahkan sudah dapat menjelaskan apa itu sperma dan sel telur.


Untuk itu Ratih sangat bersyukur ia menemukan Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM) terbitan Mizan Dian Pustaka, hingga kemudian ia memutuskan untuk ikut memasarkannya. Seperti dapat dilihat pada online store milik Ratih, alikastore.multiply.com EBM adalah ‘buku referensi anak Muslim Indonesia pertama. Menyajikan dasar pengetahuan yang paling dibutuhkan anak di masa awal perkenalannya dengan dunia ilmupengetahuan. 

Semua materi dalam buku ini disampaikan dalam kerangka tauhid (memandang sains dan agama bukan sesuatu yang terpisah)’ Ratih menjelaskan, buku ini terdiri dari 15 jilid, yang masing-masing terdiri dari sebuah tema, yaitu Islam Agamaku, Tubuhku, Indonesiaku, Masyarakat dan Bangsa, Tokoh Idolaku, Sejarah, Seni, Mamalia, Burung dan Serangga, Reptil dan Amphibi, Tumbuhan, Bumi Kita, Alam Semesta, Sains, dan Teknologi.

 Pasar buku Ensiklopedi untuk anak terhitung sangat ramai saat ini, lalu kenapa harus EBM? 

“EBM mengajarkan anak tentang ilmu pengetahuan tanpa lepas dari Al-Qur’an, jadi di dalam EBM itu ada referensi-referensi ayat-ayat Al-Qur’an atau peristiwa-peristiwa di zaman Nabi,” Ratih menjelaskan. Ia juga menambahkan, kelebihan tersebut masih ditambah lagi dengan pemilihan bahasanya yang membuat EBM enak dibaca “bacanya juga bisa ngacak, enggak usah berurutan. Bahasanya ringan, enggak baku, jadi bisa juga untuk bacaan pengantar tidur,” tambah Ratih lagi.


Selain faktor bahasa, ilustrasi yang digunakan juga sangat jelas dan menarik. Perbandingan antara ilustrasi dan teks juga cukup proporsional sehingga tidak membosankan. Teksnya memang cenderung lebih banyak daripada kebanyakan buku yang umumnya mulai dibaca anak usia pra sekolah. 

Tapi mengingat ‘usia’ penggunaan EBM yang dapat mencapai usia sekolah dasar, bahkan lebih, perbandingan teks dan gambar ini dapat dikatakan wajar. Terlebih lagi desain layout nya yang juga cukup baik, tidak kalah dengan ensiklopedi keluaran penerbit asing. Apalagi dengan spesifikasi: 45-56 halaman per jilid, hardcover, dan kertas isi Matpaper 120 gr, EBM jelas mampu bersaing dengan Ensiklopedi-Ensiklopedi anak lainnya.

Itu sebabnya, walaupun harga satu set nya mencapai lebih dari dua juta rupiah, Ratih tidak kesulitan dalam melakukan penjualan. Bahkan, banyak orangtua yang anaknya baru berusia satu tahun sudah memutuskan untuk membeli EBM pada Ratih. 

Padahal, guide usia anjuran yang tertera pada EBM adalah empat tahun. Tetapi tentuminat baca bisa dibatasi dengan usia. Apalagi mengingat isi EBM sangat ramah anak, begitu anak menunjukan ketertarikan, EBM dapat langsung mulai dibacakan. 
 
Tidak hanya sebagai penjual, sebagai pemilik EBM pun Ratih merasakan banyak manfaat. 

“Manfaat yang paling kerasa, saya jadi lebih gampang mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Aya. Jawaban yang ilmiah, bukan jawaban ngasal.” 

Sementara dari sisi relijius, Ratih juga bersyukur karena Aya dapat memperoleh jawaban yang lengkap, dan memahami bahwa semua yang ada di alam ini ada penciptanya.

Jika ilmu pengetahuan dan keimanan adalah dua hal yang ingin Anda tanamkan pada anak, EBM dapat menjadi sebuah alternatif menarik.

Sumber: http://mybabybtw.com/2011/07/ensiklopedi-bocah-muslim-cerdas-intelektual-dan-spiritual/

Hubungi:
Dewi Rieka
www.semarangcoret.com
WA 0821-3776-2809
Pin BBM 5ABEE481


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hafiz & Hafizah Talking Doll Edisi Baru :) (Cash Ready)