Tips Agar Anak Suka Membaca Ala Bunda Hilda :)



Dear Ayah & Bunda,

"Sudah dibelikan buku ini itu, eh malah tetap gak dibaca!"

Hmmm...pernah dapat curhatan ini dari seorang kawan. Ada yang salah? 
Gimana biar anak suka membaca?

Hayuk investigasi bersama *ConanEdogawaMODEON

Agar Anak Suka Membaca
Kali ini ga membahas tentang jenis bukunya, lebih ke atmosfer baca di rumah. Kadang walaupun koleksi bukunya udah menarik banget, anak tetap malas baca karena ternyata oh ternyata bukunya masih disimpan di kardus. Takut disobek mungkin? Heheh kidding.


Wajib disimpan di rak atuh ya biar bisa dibaca. Atau di meja, di kursi, di manapun yang penting tidak di kardus grin emoticon

Boleh ya aku berbagi tips supaya rak buku menjadi magnet bagi Seena. Seperti ini yang selama ini dilakukan di rumah agar anak suka membaca:

1. Buku disimpan serendah mungkin sehingga mudah dijangkau.

Maksimal setinggi mata Seena. Kalo pun terpaksa menyimpan di tempat tinggi karena tidak ada space lain, disediakan kursi kokoh yang bisa dipakai Seena untuk berpijak.

Buku ditata rapi sehingga memudahkan Seena memilih judul. Jangan pernah merasa khawatir anak akan merobek buku. Kalo memang iya, so be it.

Bukankah buku-buku itu kita beli dengan ikhlas untuk anak? Percayalah bahwa kalo anak merobek buku itu ada tujuannya, yaitu merobek buku :D

2. Sedia karpet atau sofa empuk supaya betah berlama-lama dekat rak buku.

Perlakukan hal sebaliknya untuk TV. Buat area nonton TV setidaknyaman mungkin. Kalo di rumah sih tetap nyaman, tp TV jarang ditonton karena lagi ga berlangganan TV berbayar sejak pindah ke Bdg. Cuma pakai antena dalam. Yang siaran lebih banyak para semut. Di situ kadang saya merasa rindu Ind*vis*n.
 
3. Selipkan mainan atau boneka. Jadi walaupun niatnya bukan mengambil buku, setidaknya para buku itu bisa ikutan eksis di mata Seena grin emoticon

4. Lampu wajib terang. Ini bikin suasana ceria. Bener!

5. Sesekali ubah posisi rak. Kalo tidak memungkinkan, kami kadang cuma menukar posisi bukunya aja. Maklum mentok sana sini spacenya. Gitu aja Seena udah bahagia. 'Mama, aku suka bangeeeet. Rumahnya jadi cantik'. Dan peluh Mama pun terbayarkan.

Yuk ah, selamat beberes rak biar anak suka membaca!\^o^/

Photo and Text Courtesy of
Hilda Lussiana Wahyudi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hafiz & Hafizah Talking Doll Edisi Baru :) (Cash Ready)