Abrahah dan Pasukan Gajah

Assalamualaikum Teman-teman,

Sudah kenalan dengan Abrahah? Ingat Abrahah, pasti ingat pasukan Gajahnya bukan?

Abrahah Al Asyram ternyata bukan penduduk asli Yaman. Ia datang dari Habasyah di Afrika untuk menduduki Yaman. 

Waktu itu, Aryath memimpin 70.000 pasukan Habasyah menyerbu dan menguasai Yaman. Namun, Aryath dibunuh oleh Abrahah, dan jadilah ia sebagai Raja Yaman sejak itu.

Abrahah ini iri sekali dengan Makkah, karena Ka'bah senantiasa dikunjungi dan diziarahi seluruh bangsa Arab. Maka ia membuat sebuah gereja mewah bernama Al Qullayus. 

Namun sayang, gereja itu tidak mampu mengalihkan perhatian bangsa Arab dari Ka'bah. Bahkan seseorang dari suku Kinani berani membuat kerusakan di dalam Al Qullayus. Marahlah Abrahah, dan tersulutlah ambisinya untuk menghancurkan Ka'bah.

Yang terjadi selanjutnya, adalah seperti yang kita kenal dan kita hafal dalam Qur'an surat Al Fiil. Di mana pasukan Gajah itu hancur lebur oleh tentara Allah berupa burung Ababil.

*Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dibawa burung-burung ababil adalah kuman cacar. Dalam beberapa hari saja seluruh pasukan mati dengan tubuh rusak seperti dimakan ulat. Abrahah sendiri berhasil kembali ke Yaman, namun ia pu mati tidak lama setelah itu, sebagaimana pasukannya.

Sumber : Muhammad Teladanku
Jilid "Kelahiran Rasulullah"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hafiz & Hafizah Talking Doll Edisi Baru :) (Cash Ready)