Hindari Menghardik Anak

Assalamualaikum Ayah & Bunda,


Terkadang, hati orangtua menjadi sedemikian jengkelnya ketika melihat perilaku nakal anaknya. Atau, karena suatu hal, orangtua tidak dapat menerima keberadaan sang anak.


Hal-hal tersebut mendorong orangtua menghardik dan mendoakan keburukan bagi sang anak, misalnya dengan menyebut “Dasar anak nakal, anak bodoh, anak kurang ajar” dan sebagainya. 

Ini jelas salah. Sebab mungkin saja hardikan itu justru memperparah kenyataan sehingga sang anak menjadi lebih celaka.

Ada pula orangtua yang berdalih bahwa mereka menghardik anaknya supaya sang anak dapat kembali kepada perilaku yang baik. Namun, hardikan dengan julukan-julukan negatif justru akan menyebabkan perilaku sang anak bertambah buruk.

Orangtua lupa bahwa dengan hardikannya itu mereka telah mendoakan keburukan kepada anaknya. Di samping itu, julukan yang buruk akan menumbuhkan citra diri yang juga buruk kepada anak sehingga si anak merasa bahwa dirinya benar-benar buruk sebagaimana yang dikatakan orangtuanya itu.

Ayah-Bunda, sekesal apapun kita kepada anak, usahakan jangan sampai melontarkan kata-kata kasar ya. Selalu doakan yang terbaik untuk putra putri kita, agar kelak mereka menjadi penerus bangsa yang selalu taat pada agama sesuai yang Ayah-Bunda harapkan smile emoticon

Sumber: Ensiklopedi Muhammad - Muhamad sebagai Pendidik

Photo and Text Courtesy of
Tim Ratih Wulansari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hafiz & Hafizah Talking Doll Edisi Baru :) (Cash Ready)