Manfaat Membaca Untuk Anak

Manfaat Membaca Untuk Anak
Assalamualaikum Ayah dan Bunda,

Di tengah maraknya teknologi digital yang ramai saat ini, rupanya buku memiliki kelebihan untuk melatih seorang anak. Buku tak hanya memberikan pengetahuan dan hiburan, namun juga dapat melatih keterampilan dalam belajar.


Apa saja manfaat buku bagi anak?

1. Melatih keterampilan membuka halaman buku.

Pada media digital, anak harus menggunakan telunjuk untuk menghadirkan halaman yang diinginkan. Tapi kalau pada buku, anak harus membuka dulu halaman demi halaman yang mereka inginkan.

Artinya bahwa dia harus memiliki ketrampilan membuka halaman buku, bisa melatih koordinasi visual dan motorik. Selain itu, juga melatih untuk tidak terburu-buru berpindah. 

Namun ia memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi setiap detil dari bentuk dan warna yang disajikan. Yang artinya, hal ini bisa melatih anak dalam ketajaman pengamatannya.

2. Melatih Kemampuan pengamatan secara detil.

Seorang anak yang diberikan buku, maka ia akan memperhatikan isi halaman dengan saksama untuk mencari apa yang buku maksudkan. Dalam hal ini ia akan berlatih untuk menajamkan pengamatan detilnya.


Belum lagi ia akan dikenalkan dengan berbagai macam bentuk simbol selain gambar, sehingga akan memperkaya pengetahuannya.

3. Melatih Kemampuan Menyimak 

Pada anak yang belum dapat membaca, ia pun harus mendengarkan isi cerita yang disampaikan sehingga bisa melatih kemapuan menyikak dan memaknai apa yang ia dengar.


Kosakata anak akan semakin berkembang. Selain itu, juga melatih anak untuk dan berpikir secara aktif.

4. Melatih pemahaman dan mengingat.

Dalam hal ini, kemampuan memori anak akan dilatih agar memiliki kemampuan mengingat serta pemahaman yang tinggi.

Dengan buku, seorang anak akan belajar kemampuan memilah dan memutuskan apakah suatu gambar atau cerita, ia perhatikan terus atau melangkah ke halaman berikutnya.




Berbeda dengan media digital, dimana anak akan lebih banyak pasif dalam menunggu apa yang akan disajikan oleh program yang ia tonton atau mainkan.

Hal ini akan menghindarkan anak mengalami gangguan fokus dalam penglihatan. Karena kalau terlalu sering mengakses informasi yang bergerak cepat.

Text and Photo Courtesy
Of Dwi Endarningtyas
Tim BA Ratih Wulansari Teams




Komentar

  1. betul sekali, jaman anak saya masih kecil sdh diperkenalna dg banyak buku, makanya aku suka beli majalah anak dari tukang loak buku dan majalah yg masih bagus

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hafiz & Hafizah Talking Doll Edisi Baru :) (Cash Ready)